Jumat, 01 Januari 2010

Upaya Mengatur Pola Makan Sehat

Positive thinking serta segala upaya memperkaya bathin merupakan modal Intrinsik utama Kesehatan Mental. Dengan penerapan pola hidup yang sehat, teratur, dan berimbang (sehat secara Fisik) dalam kehidupan Sosial keseharian yang berimbang (sehat secara Sosial), dapat dicapai kondisi Sehat secara Holistik.

Makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar demi keberlangsungan hidup keseharian kita. Pada sebagian besar dari kita, aktifitas fisik rutin terbanyak dilakukan sepanjang pagi hari hingga petang. Untuk itu diperlukan modal asupan penopang energi fisik berwujud jenis Karbohidrat tertentu dalam takaran cukup, tergantung jenis aktifitas fisik yang direncanakan, pada menu sarapan pagi dan siang. Tentu dengan asupan jenis Protein bervariasi setidaknya 20% dari total asupan makanan yang dikonsumsi, serta produk susu dan food supplement/multivitamin product, bila diperlukan.

Makanan yang kita konsumsi pada petang/malam hari merupakan modal regenerasi dan perbaikan di tingkat sel tubuh kita. Juga, sebagai bekal penyiapan tubuh menjalankan aktifitas fisiknya, sepanjang hari berikutnya. Karenanya tubuh membutuhkan asupan Protein bervariasi yang cukup, dengan senantiasa memperbanyak asupan jenis makanan berserat: jenis-jenis buah & sayuran sehat segar yang disajikan dengan higienis, sesuai standard Kesehatan yakni bersih dari segala jenis mikroorganisme,material,maupun zat patogen/berbahaya apapun, serta diolah dengan cara tepat demi tetap terjamin/tidak rusak/tidak berubahnya kandungan gizi jenis makanan dimaksud. Tentu saja asupan air bersih juga harus terpenuhi. Setidaknya mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas ukuran standard, sepanjang hari.

Dalam menentukan pilihan setiap jenis makanan, perlu dipertimbangkan aspek-aspek spesifik tubuh kita, termasuk kebutuhan fisik kita, pada kurun waktu tertentu. Senantiasa diperlukan akal sehat dan disiplin diri yang ketat. Bagi yang sedang dalam pengawasan Medik atas kondisi kesehatannya, hendaklah senantiasa konsultasi dengan Team Medik yang mendampingi.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar