Kamis, 22 April 2010

Darah & Cairan Tubuh Pemelihara Vitalitas

Darah & Cairan Tubuh Pemelihara Vitalitas


..sebagai Pemelihara Vitalitas, bersama dengan Qi, Darah & Cairan Tubuh berperan setara penting.

DARAH. Yakni cairan berwarna merah yang beredar dalam Pembuluh Darah, sebagai substansi makanan vital bagi tubuh. Buku Ling Su pun mengungkapkan bahwa Pemanas Tengah mengubah sari makanan menjadi cairan merah tersebut. Organ Limpa & Lambung lah yang berperan penting, sehingga disebut sebagai Sumber Qi & Darah. Ying Qi mengalir ke dalam Pembuluh, lalu diubah menjadi Darah. Dimungkinkan sari makanan & Darah juga diubah satu menjadi yang lain.

Bila tidak dikonsumsi, Darah akan diubah menjadi Essensi di Ginjal. Bila tidak merembes ke luar, akan diubah menjadi Darah, di Hati.

Mengambil sari makanan dari sari Ginjal (sebagai materi dasar), Darah dibentuk melalui aktivitas fungsional organ Zang Fu. Usai dibentuk, Darah normal akan beredar dalam Pembuluh Darah ke seluruh tubuh, dan bekerja dalam kerjasamanya dengan Jantung (pendominasi Darah & Pembuluh Darah), Hati (penggiat aliran Qi, serta penyimpan & pengatur volume Darah), dengan Limpa (pengontrol Darah & pencegah pendarahan). Koordinasi ketiganya tetap memelihara peredaran Darah dalam Pembuluh Darah, ke seluruh tubuh. Disfungsi akan berakibat buruk.

Darah beredar ke seluruh tubuh melalui 5 organ Zang dan 6 organ Fu. Dengan ini Darah memberi makan & lembabkan seluruh jaringan & organ tubuh. Darah pun merupakan materi dasar kegiatan Mental. Pasokan Darah yang cukup menjamin jernihnya kesadaran serta berkobarnya semangat.

CAIRAN TUBUH. Merupakan istilah kolektif dari semua cairan normal yang ada dalam tubuh. Termasuk saliva, cairan Lambung, segala cairan pencernaan lain, cairan sendi, air mata, cairan Hidung, keringat, juga kemih. Ia dibentuk dari makanan & minuman yang telah dicerna maupun diserap Limpa-Lambung.

Pembentukan, distribusi, dan ekskresinya merupakan suatu prosesi rumit, sebagai hasil aktifitas terkoordinasi organ Zang Fu, terutama Paru-paru, Limpa, & Ginjal. Perubahan patologis organ dimaksud dapat sangat berpengaruh signifikan.

Cairan Tubuh melembabkan dan memberi makan berbagai bagian tubuh. Cairan yang jernih & encer dikenal sebagai Jin, yang didistribusikan ke permukaan otot guna menghangatkannya & memberi nutrisi, serta lembabkan kulit. Yang pekat & keruh dikenal sebagai Ye, yang disimpan dalam sendi & ruang-ruang terbuka lain, berfungsi membasahi sendi, menguatkan Otak & Sumsum, serta memasok nutrisi berbagai ruang terbuka. Keduanya dapat diubah dari bentuk yang satu ke bentuk lainnya. Umum disebut Jin Ye.

QI, DARAH, & CAIRAN TUBUH bekerja sama saling mendukung serta menahan/membatasi satu terhadap yang lain dalam aktifitas fungsionalnya masing-masing mewujudkan HARMONI, pada tubuh.

Harmonisasi selaras seimbang pada setiap bagian komplek tubuh sebagai mikrokosmos yang selaras dengan harmonisasi selaras seimbang lingkungan sekitarnya termasuk Alam Raya sebagai makrokosmos-nya akan ciptakan Harmonisasi yang sungguh INDAH.. SEHAT.. dan tentu MENAWAN. Sebuah keadaan ideal yang hanya bisa mewujud melalui UPAYA serius setiap bagian di dalamnya. Tentu saja tetap dalam lingkup KEHENDAK SANG HYANG AGUNG.. SANG EMPU segala Empu..

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar