Sabtu, 15 Mei 2010

Sikat Gigi-ku..

Sikat Gigi-ku..

Salah satu alat pembersih Gigi-geligi yakni Sikat Gigi. Ada yang manual, yang dioperasikan dengan tangan.. ada pula yang dengan tenaga listrik.

Pada pemilihan Sikat Gigi hendaklah memperhatikan batasan idealnya:

- ukuran kepala Sikat Gigi maksimal untuk orang Dewasa: 29×10 mm. Untuk Anak yang gigi Molar keduanya telah erupsi: 24×8 mm. Bila baru gigi Molar pertamanya yang erupsi: 20×7 mm. Khusus untuk Balita: 18×7 mm,

- bulu-bulunya dipotong lurus/horisontal, dengan ujung bulu yang masing-masing membulat,

- maksimal panjang bulu untuk yang Dewasa: 10-12 mm. Anak-anak: 8-10 mm. Balita: 7-8 mm,

- hendaknya yang berberkas bulu banyak,

- tangkainya kuat, merupakan perpanjangan kepalanya,

- panjang ideal tangkai Sikat Gigi Anak minimal 14 cm, untuk mempermudah orang Dewasa dalam membantunya menggosok Gigi.

Jenis Sikat Gigi yang beroperasi dengan tenaga listrik pun sudah semakin banyak dipilih. Sangat membantu bagi mereka yang secara manual kurang trampil menggosok Gigi, seperti Anak-anak maupun orang cacat. Hanya perlu konsentrasi pada sistematik menyikat saja, tanpa perlu repot pada detail gerakan/metode/tekniknya.

Secara umum, tidak ada perbedaan siknifikan apa pun berkaitan dengan fungsi kedua jenis alat tersebut pada tingkat Kebersihan & Kesehatan Gigi, setelah pemakaiannya. Artinya, pilihannya tetaplah bebas.

Untuk area interproksimal Gigi dapat dipergunakan berbagai alat bantu seperti: benang gigi, “tusuk gigi”, sikat kecil khusus interdental, sikat kecil berberkas bulu tunggal, ujung karet, maupun obat kumur.

Upaya pembersihan area ronggga mulut sendiri yang teliti umumnya hanya dapat dicapai dengan penggunaan Sikat Gigi yang tepat dikombinasikan dengan benang gigi maupun “tusuk gigi”. Pada kondisi khusus juga perlu menggunakan beberapa alat khusus tertentu.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar